BERTAHAN DI MASA PANDEMI BERJAYA PADA ERA NEW NORMAL

KELURAHAN BLIMBING KOTA MALANG

KimBoisIlakes – Seperti kita ketahui,sekarang kita memasuki era new normal setelah pandemi COVID-19 selama kurang lebih  2 tahun . Adapun berbagai kasus yang terjadi baik pada lingkup nasional maupun global , sebagian besar bersumber dari perilaku manusia itu sendiri. Melalui pelatihan pendidikan maka kecerdasan dan keterampilan kapasitas manusia dapat ditingkatkan secara berangsur-angsur. Pemberdayaan perempuan perlu dipersiapkan dan dilaksanakan secara  terencana, teratur, dan berlanjut agar sumber daya ini dapat dioptimalkan perannya dalam kehidupan terutama dalam lingkungan hidup. Dengan begitu akan banyak sudut pandang perempuan untuk bisa bertahan dan melewati masa – masa sulit tersebut terutama dalam bidang ekonomi.

Sebagai perempuan tidak sepantasnya kita hanya berpangku tangan melihat situasi dan kondisi yang menuntut kita untuk bisa tetap bertahan dalam melangsungkan kehidupan yang penuh dengan tantangan. Berawal dari hobi para ibu-ibu PKK di RW 09 Kelurahan Blimbing Kota Malang di tahun 2020 yaitu membuat pernak pernik parcel untuk kegiatan warga dengan berbagai macam bentuk yang lucu-lucu , munculah ide untuk membuat peluang usaha yang dapat di kembangkan , dimana kreatifitas kerajinan tangan sangat diperlukan untuk menghasilkan barang yang menarik bagi para konsumen.

Disamping pembuatan parcel, para muda mudi perempuan menambahkan hasil karya berupa pembuatan bermacam-macam bucket yang sangat diminati oleh kaum anak-anak sampai dewasa terutama dalam acara-acara tertentu seperti ulang tahun,wisuda dan pernikahan . Produksi ini dibuat dengan bahan dasar snack atau makanan ringan dan minuman dengan berbagai macam jenis, bisa juga menggunakan uang serta bunga-bunga cantik untuk menghias bingkainya .

 “Usaha ini didirikan 5 November 2020 ,saat itu sedang masa-masa susah akibat pandemi COVID-19 ,banyak pekerja yang di PHK dan perekonomian menjadi sangat sulit ,maka dari itu ibu-ibu PKK RW 09 berinisiatif untuk membantu perekonomian keluarga dengan cara usaha ini tanpa harus meninggalkan tanggung jawab keluarga . Usaha ini juga  dikerjakan sendiri oleh tangan-tangan kreatif para ibu-ibu PKK dan muda mudi sekitar serta masih bersifat mandiri.” Kata ibu Tanti Setya selaku ketua PKK RW 09.

 Menurut kementerian perdagangan, industri kreatif itu merupakan sektor industrial yang berasal dari pemanfaaatan kreatifitas, ketrampilan dan bakat individu untuk menciptakan peluang pekerjaan dan menghasilkan keuntungan. Industri kreatif itu juga dipandang penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian.Pekerjaan ini dapat dilakukan di sekitar wilayah RW 09 dan di rumah sendiri ,dengan begitu untuk para perempuan khususnya ibu-ibu bisa mengurus kewajiban rumah tangga serta membantu perekonomian keluarga dengan baik. Sasaran konsumennya pun mencakup seluruh kalangan yaitu anak-anak , remaja, dan dewasa. Untuk memudahkan para konsumen ,para muda mudi memasarkan produk melalui media sosial online dan e-commerce,ada juga secara Offline yang bertempat di Jl. Ahmad Yani Gang 3 no.42b Kelurahan Blimbing Kecamatan Blimbing Kota Malang .

Seperti kita ketahui bahwa bisnis UMKM merupakan usaha yang paling merasakan dampak dari pandemi, namun dengan kerja keras, dan tekat yang kuat, bisnis snack parcel dan bucket di wilayah tersebut  tetap bisa berjalan dengan baik .

Melalui pemberdayaan perempuan tersebut diharapkan lebih mampu berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kemampuan serta rasa percaya diri untuk terjun di sektor publik serta memotivasi orang disekeliling kita untuk tetap bersemangat dan bekerja keras, mengeksploitasi kreatifitas daya cipta dalam diri. Dikarena Pemberdayaan perempuan menjadi sebuah proses yang tidak akan terlepas dari pemberdayaan masyarakat, yang artinya dapat sekaligus membantu membangun kesejahteraan masyarakat.KIM BOIS ILAKES.

*DMC_KBI

Author: KIM Bois Ilakes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.